Salam Kenal !!!!!!!!


Asslamualaikum…

Hai! Nama saya Dina Fitriastuti. Tapi cukup dipanggil ‘Dina’ saja. Salam kenal ya? Sebelumnya saya minta maaf sebab saya tidak pandai berkata-kata. Sehingga pabila ada kesalahan , ya saya mohon maafkanlah saya. ( terlalu banyak kata ‘saya’ ya? Maaf… saya rasa ini kesalahan pertama saya) Pokoknya saya hanya berharap isi blog saya dapat bermanfaat bagi teman-teman semua.

Wassalamualaikum…

Jumat, 09 Desember 2011

Rangkuman Materi Matematika Kelas IX SMP

BANGUN RUANG SISI LENGKUNG
A.   Tabung
Luas Tabung                   : L = 2 π r(r + t)
Volume Tabung                : V = π r^2 t
Luas Selimut Tabung       : L = 2 π r t

B.    Kerucut
Luas Kerucut                  : L = π r (r + s)
Volume Kerucut               : V =  1/3 π r^2 t
Luas Selimut Kerucut      : π r s

C.    Bola
Luas Bola                        : L = 4 π r^2
Volume Bola                    : V = 4/3 π r^3
STATISTIKA
A.   Pemusatan Data
1.     Mean
Mean adalah nilai rata - rata.
Mean       =  X1 + X2 + X3 + ... + Xn
                               n
2.    Median
Median adalah nilai tengah dari sekumpulan data yang sudah diurutkan.
Dalam mencari median ada dua kemungkinan :
A.   Jika banyaknya data ganjil, maka median dari kumpulan data tersebut adalah data yang terletak di tengah-tengah.
B.    Jika bayaknya data genap, maka median dari kumpulan data tersebut adalah jumlah data yang di tengah dibagi dua.
3.    Modus
Modus adalah data yang sering muncul.

4.    Kuartil
Kuartil berarti pengelompokan empat – empat, membagi data yang telah diurutkan menjadi 4 bagian yang sama.
Untuk menyatakan kuartil digunakan huruf K.
K1 = kuartil bawah
K2 = kuartil tengah / median
K3 = kuartil atas.

PELUANG
A.   Ruang Sampel dan Titik Sampel
Pada suatu percobaan himpunan semua hasil yang mungkin diperoleh disebut ruang sampel. Tiap – tiap anggota pada ruang sampel disebut titik sampel.

B.    Menghitung Peluang Masing – masing Titik Pada Ruang Sampel.
Rumus nilai peluang :
P(A) = n(A) / n(S)
n (S) = banyaknya anggota ruang sampel.
n (A) = banyaknya kejadian pada percobaan yang bersangkutan.
P (A) = nilai peluang munculnya kejadian A.

C.    Frekuesi Harapn
Frekuensi harapan adalah kejadian A ditulis E(A) dari n kali percobaan dirumuskan :
E(A) = P(A) x n

Tidak ada komentar:

Posting Komentar